Atasi Genangan Air, Pemkot Tangsel Lakukan Peninggian Ruas Jalan Maruga

Rabu 15-05-2024,18:36 WIB
Reporter : Irfan Farhani
Editor : Deden Muhammad R

PERSPEKTIF.CO.ID - Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) akan segera melakukan peninggian ruas Jalan Maruga Raya, Ciputat, Tangerang Selatan. Langkah ini diambil untuk mengatasi genangan air yang sering terjadi akibat cekungan pada jalan saat hujan deras.

Kepala Bidang Bina Marga DSDABMBK Kota Tangsel Ahmad Fatullah, menjelaskan bahwa peninggian jalan ini merupakan tindakan preventif dari pemerintah untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan. Kondisi cekungan di jalan menyebabkan air sering tergenang.

"Pembangunan peninggian jalan akan dilakukan mulai dari depan City Galery Tangsel hingga sekolah Waskito dengan panjang sekitar 100 meter, karena daerah tersebut sering mengalami genangan saat hujan," kata Fatul, Senin (13/5).

Pengerjaan proyek ini akan memakan waktu dua hingga tiga hari dengan menutup salah satu sisi jalan. Saat ini, sebagian jalan telah mengalami pengelupasan aspal, sehingga kontur jalan menjadi bergelombang.

"Panjang jalan yang ditinggikan sekitar 100 meter dengan ketinggian 40-45 sentimeter, dan akan dibeton. Kami sudah mulai persiapan sejak kemarin dan pembetonan dijadwalkan dua atau tiga hari ke depan," jelasnya.

Selama proyek berlangsung, sebagian ruas jalan akan ditutup sementara sehingga pengendara dapat menggunakan jalur lain.

"Sebagian jalan akan ditutup untuk timbunan agregat dan pengecoran beton fastrack, sementara sebagian lagi tetap bisa dilalui kendaraan," terangnya.

Fatul mengimbau masyarakat dan pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas di area tersebut.

"Saya sudah menginstruksikan pemasangan rambu-rambu lalu lintas. Kami juga berkoordinasi dengan Dishub dan Polres untuk mengatur rekayasa lalu lintas buka-tutup. Mohon maaf atas kemacetan yang mungkin terjadi selama pengerjaan berlangsung," kata Fatul.

Ia berharap setelah proyek selesai, genangan air tidak lagi terjadi di jalan tersebut.

Kategori :

Terpopuler