Analisis Menko PMK Adanya Peningkatan Kemiskinan Ekstrem di 75 Daerah Indonesia

Analisis Menko PMK Adanya Peningkatan Kemiskinan Ekstrem di 75 Daerah Indonesia

--

PERSPEKTIF.CO.ID - Menko PMK Muhadjir Effendy melaporkan bahwa 75 daerah di Indonesia saat ini mengalami peningkatan kemiskinan ekstrem. Di sisi lain, ada 7 kabupaten/kota di Indonesia yang mengalami stagnasi dalam hal kemiskinan.

"Saat ini, 75 kabupaten/kota mengalami peningkatan kemiskinan ekstrem," ungkap Muhadjir di kompleks Istana Wapres, Jakarta, pada Kamis (22/2/2024).

Menurut Muhadjir, kemiskinan ekstrem terutama meningkat di wilayah timur Indonesia. Ia mencurigai bahwa kemiskinan ekstrem di Indonesia timur dapat disebabkan oleh alokasi anggaran bantuan pemerintah yang merata di seluruh daerah.

"Wilayah Indonesia timur, khususnya, mengalami peningkatan kemiskinan ekstrem, dan salah satu penyebabnya mungkin karena kebijakan penganggaran yang merata," tambahnya.

Muhadjir juga menyampaikan saran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait permasalahan ini. Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan memulai perhitungan perbedaan variasi daya beli di setiap daerah.

"Saat ini masih ada pengaturan yang merata. Sebagai contoh, Program Keluarga Harapan (PKH) diterapkan sama di Sabang dan Merauke. Padahal, kita tahu bahwa nilai uang di Papua sangat berbeda dengan di sini," jelasnya.

Sumber: