Panggugah Ngepret Lembur 24 September 2023, di Kp. Cisaninten, Cisewu - Garut

Selasa 26-09-2023,23:32 WIB
Reporter : Novita
Editor : Anggi Rizki Anfahmii

PERSPEKTIF.CO.ID - Di tahun 2023, masyarakat kampung Cisaninten, Cisewu - Garut, telah menyelenggarakan sebuah kegiatan budaya, yaitu "Panggugah Ngepret Lembur". Kegiatan yang dilandasi semangat gotong royong ini menjadi wujud syukur atas nikmat yang diberikan Sang Pencipta, Allah SWT.


Acara Panggugah Lembur Cisaninteun, Cisewu Garut--

Menurut Dede Rifky, selah satu penggagas acara Panggugah Ngepret Lembur, gotong royong menjadi semangat utama yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini. Acara ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat, menunjukkan kebersamaan dan semangat gotong royong.

"Acara ini dapat terselenggara atas semua dukungan seluruh masyarakat Cisaninten. Semua lapisan masyarakat terlibat dalam acara ini, dari anak muda hingga orang tua ikut terlibat. Kami memiliki selogan, paheuyeuk heuyeuk leungeun paantay - antay tangan," Ungkapnya, (24/9/2023).

Langkah ini dianggap konkrit karena mengajak seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang perbedaan dan aspek lainnya. Pesannya adalah untuk tidak melupakan sejarah dan budaya yang telah ada. Tujuannya adalah agar budaya tetap lestari, sementara juga menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan.

"Acara Panggugah Ngepret Lembur diharapkan dapat menjadi agenda tahunan kampung Cisaninten, Cisewu - Garut sebagai salah satu kegiatan budaya yang harus tetap di lestarikan," Tutupnya.

Panggugah Ngepret Lembur diharapkan mampu memberikan inspirasi dan memotivasi untuk melestarikan budaya dan gotong royong. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga, mengenang jasa para leluhur, dan memupuk semangat kebersamaan yang kuat. Acara ini digelar tanggal 24 September 2023.

Kategori :

Terpopuler