Mengenal Fenomena Super Blue Moon yang Akan Terjadi pada 30-31 Agustus 2023

Mengenal Fenomena Super Blue Moon yang Akan Terjadi pada 30-31 Agustus 2023

--

PERSPEKTIF.CO.ID - Fenomena astronomi Super Blue Moon akan terjadi pada tanggal 30-31 Agustus 2023. Namun, apakah Super Blue Moon itu dan apakah bulan akan benar-benar berwarna biru? Berikut adalah penjelasan lengkap tentang fenomena Super Blue Moon:

Supermoon (Bulan Super):

Supermoon atau Bulan Super terjadi ketika bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi dalam orbitnya yang elips. Saat Bulan berada pada atau mendekati titik terdekat Bumi pada saat purnama, fenomena ini terjadi. Jarak antara Bulan dan Bumi saat purnama menjadi lebih dekat dari biasanya, sehingga Bulan tampak lebih besar dan terang di langit.

Super Blue Moon (Bulan Super Biru):

Super Blue Moon terjadi ketika dua kali purnama terjadi dalam satu bulan. Bulan Biru adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bulan purnama kedua dalam satu bulan. Siklus Bulan adalah sekitar 29,5 hari, yang lebih pendek dari bulan kalender. Hal ini menyebabkan bulan purnama terjadi lebih awal dalam bulan, meninggalkan sisa hari untuk bulan purnama berikutnya. Super Blue Moon terjadi sekitar setiap dua hingga tiga tahun sekali.

Supermoon vs. Super Blue Moon:

Tidak semua Supermoon disertai dengan Super Blue Moon. Istilah Supermoon mengacu pada bulan purnama yang terjadi dalam satu hari atau lebih setelah perigee (titik terdekat Bumi). Sekitar 25% bulan purnama adalah Supermoon, sementara hanya 3% yang merupakan Blue Moon. Jarak waktu antara Super Blue Moon cukup tidak teratur, dengan rata-rata sekitar 10 tahun sekali.

Warna Bulan:

Meskipun disebut "Blue Moon," namun istilah ini tidak berhubungan dengan warna bulan. Bulan pada Super Blue Moon akan memiliki warna yang sama seperti bulan purnama biasanya.

Ukuran dan Terangnya Super Blue Moon:

Saat Supermoon terjadi, Bulan akan terlihat sekitar 14% lebih besar dari saat terjauh dari Bumi. Ini sekitar ukuran perbedaan antara seperempat dan satu nikel. Karena dekat dengan Bumi dalam orbitnya, Bulan juga tampak lebih terang dari biasanya.

Waktu Super Blue Moon 2023:

Super Blue Moon pada tahun 2023 akan terjadi pada tanggal 30 Agustus dan dapat disaksikan di wilayah Indonesia pada 31 Agustus. Waktu yang tepat untuk berbagai wilayah adalah pukul 08.35 WIB, 09.35 Wita, dan 10.35 WIT.

Rangkaian Supermoon Tahun 2023:

Sumber:

Berita Terkait