Perubahan di Daftar Orang Terkaya Indonesia Hingga Juli 2023

Perubahan di Daftar Orang Terkaya Indonesia Hingga Juli 2023

Daftar 10 orang terkaya di Indonesia-Anggiranf-

PERSPEKTIF.CO.ID - Hingga Juli 2023, daftar orang terkaya di Indonesia mengalami sedikit perubahan dibandingkan dengan peringkat akhir tahun 2022. Forbes Real Time Billionaire merilis daftar terkaya Indonesia, dimana terdapat dua nama baru yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di negara ini.

Nama-nama baru yang masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di Indonesia adalah Dewi Kam dan Lim Hariyanto Wijaya Sarwono. Kekayaan keduanya mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan catatan tahun 2022, dengan Dewi Kam naik 85% dan kekayaan Lim melonjak hingga 275% menjadi US$ 4,2 miliar.

Peningkatan kekayaan mereka terutama berasal dari reli saham perusahaan tambang yang mereka miliki. Kekayaan Dewi Kam meningkat seiring kenaikan harga saham Bayan Resources (BYAN), perusahaan tambang batu bara, meskipun dalam beberapa waktu terakhir mengalami penurunan tren. Sementara itu, kekayaan Lim Hariyanto melonjak setelah perusahaan nikel miliknya, yang termasuk dalam Grup Harita, resmi melantai di bursa saham.

Dewi Kam memiliki kekayaan dari saham minoritas di Bayan Resources, yang mengalami kenaikan tiga kali lipat pada tahun 2022. Kekayaan Dewi Kam pada Juli 2023 diperkirakan mencapai US$ 3,7 miliar. Ia juga memiliki kepentingan dalam proyek pembangkit listrik.

Sementara itu, Lim Hariyanto memiliki bisnis di berbagai sektor, termasuk perusahaan nikel dan minyak sawit. Bisnisnya juga melibatkan anak-anaknya, seperti Lim Gunawan Hariyanto yang merupakan CEO Bumitama Agri.

Dengan adanya perubahan dalam daftar ini, berikut adalah 10 orang terkaya di Indonesia berdasarkan Forbes Real Time Billionaire per 10 Juli 2023:

1. Robert Budi Hartono

2. Michael Hartono

3. Eka Tjipta Widjaja

4. Widjaja family

5. Putera Sampoerna

6. R. Soetjipto Nagaria

7. Anthoni Salim

8. Sri Prakash Lohia

Sumber: