Erick Thohir Tanggapi Polemik Elkan Baggott dengan Timnas Indonesia

Erick Thohir Tanggapi Polemik Elkan Baggott dengan Timnas Indonesia

Elkan Baggott saat membela Timnas Indonesia dalam beberapa waktu lalu.--

PERSPEKTIF.CO.ID - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merespons isu ketidakhadiran Elkan Baggott pada panggilan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Guinea di playoff Olimpiade Paris 2024 pada 9 Mei lalu. 

Erick menekankan pentingnya keseriusan semua pemain saat dipanggil membela Timnas, termasuk Baggott. Namun, jika ada pemain yang enggan bergabung, Erick memastikan Timnas Indonesia akan tetap berjuang tanpa mereka.

"Kita tidak mau memaksa, tapi tim Indonesia akan terus maju tanpa siapapun, termasuk yang 11 ini. Jika tidak mau bermain, kita akan cari pemain lain yang siap membela Merah-Putih," ujar Erick, Senin (3/6).

Erick menambahkan, PSSI siap mencari pemain lain jika ada yang tidak ingin memperkuat Tim Merah Putih. 

"Kita harus punya 2x11 pemain senior dengan kualitas yang merata. Hari ini, kita melihat pergantian pemain tidak menurunkan performa tim. Ada banyak pilihan seperti Justin Hubner, Jay Idzes, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Jordi Amat, bahkan Nathan Tjoe-A-On dan Sandy Walsh," jelasnya.

Erick juga mengingatkan pentingnya persaingan sehat di antara pemain dan menuntut keseriusan dari semua pemain, bukan hanya Baggott. 

Saat ini, Baggott tidak dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, untuk laga uji coba melawan Tanzania dan dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Shin Tae Yong tidak memberikan penjelasan detail terkait absennya pemain Ipswich Town tersebut. 

"Masalah Elkan mungkin langsung tanyakan kepada Elkan. Elkan yang lebih tahu," ujar Shin.

Selain itu, Baggott telah menghapus nama PSSI dari bio Instagram miliknya, yang menimbulkan spekulasi lebih lanjut mengenai hubungannya dengan PSSI.

Sumber: