Penyebab Hipertensi Pagi hari: Fakta, Penyebab, Risiko, Gejala, dan Pengobatan

Penyebab Hipertensi Pagi hari: Fakta, Penyebab, Risiko, Gejala, dan Pengobatan

--

PERSPEKTIF.CO.ID Hipertensi, yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, adalah kondisi yang umumnya memengaruhi arteri tubuh. Jika tidak diobati secara serius, Hipertensi bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius, termasuk serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan retinopati Hipertensi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Tekanan darah seseorang bervariasi sepanjang hari, dan sering kali meningkat pada waktu bangun tidur. Kondisi ini dikenal sebagai hipertensi pagi atau morning hypertension.

Hipertensi pagi adalah kondisi di mana tekanan darah meningkat secara tidak normal dalam beberapa jam pertama setelah seseorang bangun tidur. Berbagai faktor seperti obat-obatan, kondisi kesehatan, dan gaya hidup dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah di pagi hari atau yang disebut sebagai hipertensi pagi.

Berikut beberapa fakta tentang hipertensi pagi yang dikutip dari beberapa sumber:

Penyebab Hipertensi Pagi

1. Obat

Beberapa orang menggunakan obat anti-hipertensi untuk mengontrol tekanan darah mereka. Penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa hipertensi pagi yang tidak terkontrol mungkin terkait dengan masalah jenis atau dosis obat yang digunakan. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan hipertensi pagi akibat obat antara lain:

- Mengonsumsi dosis obat yang terlalu rendah

- Menggunakan obat dengan efek jangka pendek atau menengah daripada obat dengan efek jangka panjang

- Mengonsumsi obat anti-hipertensi secara terpisah daripada kombinasi obat

2. Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan dapat meningkatkan risiko hipertensi pagi, seperti:

- Tekanan darah tinggi yang tidak diobati

- Kolesterol tinggi

Sumber: