Program “Ngider Sehat” Tangsel Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Program “Ngider Sehat” Tangsel Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Kepala Dinkes Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar beserta Walikota Tangsel Benyamin Davnie saat meresmikan program "Ngider Sehat".--

PERSPEKTIF.CO.ID - Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata bagi masyarakatnya.

 

Salah satu program unggulan yang diandalkan adalah 'Ngider Sehat', sebuah inisiatif yang telah berjalan selama tiga tahun dan bertujuan memberikan layanan kesehatan langsung ke rumah warga.

 

“Program ini merupakan bagian dari visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan untuk memperluas akses kesehatan,” jelas Kepala Dinkes Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar, Selasa (21/5). 

 

Allin menjelaskan program itu akan beroperasi dengan tenaga kesehatan yang terdiri dari 108 perawat dan bidan berlisensi, lengkap dengan Surat Tanda Registrasi (STR), Surat Izin Praktik (SIP), dan Sertifikat Bantuan Hidup Dasar (BHD), serta kendaraan operasional 'Motor Ngider Sehat', program ini berhasil mempermudah jangkauan layanan kesehatan ke seluruh pelosok kota.

 

Selain itu, “Ngider Sehat” kata Allin juga mendukung transformasi sistem kesehatan menuju Indonesia Emas 2045 melalui Integrasi Layanan Primer (ILP). 

 

“Ini melibatkan pemantauan kesehatan terintegrasi berbasis digital, menggunakan Sistem Informasi dan Manajemen Puskesmas (SIMPUS) yang terhubung dengan platform nasional 'Satu Sehat’,” lanjutnya.

 

Hingga kini, program “Ngider Sehat” telah menjangkau 98% kepala keluarga dan 96% penduduk di Kota Tangerang Selatan.

 

Menurut Allin, hasil kunjungan memungkinkan deteksi dini penyakit, memberikan langkah tindak lanjut yang diperlukan, serta pendampingan bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

“Dengan langkah konkret ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menunjukkan komitmennya dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang mudah diakses dan berkualitas, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Sumber: