Menkes: Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura Diprediksi Merambah Indonesia

Menkes: Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura Diprediksi Merambah Indonesia

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat ditemui awak media dalam sebuah kesempatan.--

PERSPEKTIF.CO.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan di Singapura diprediksi akan merambah ke Indonesia dalam waktu dekat.

Hal ini disebabkan oleh kedekatan geografis antara kedua negara serta tingginya mobilitas warga antara Indonesia dan Singapura.

"Karena Singapura tetangga ya dan traffic-nya antara Singapura dan Indonesia juga cukup tinggi, saya rasa sih pasti akan masuk ke Indonesia yang PK ya, kalau enggak salah variannya," ujar Budi saat ditemui di Gedung DPR, Kamis (23/05).

Meskipun demikian, Menkes Sadikin menegaskan bahwa berdasarkan tinjauan awal terhadap varian Covid-19 di Singapura, tingkat penularan dan fatalitasnya tergolong rendah. 

Dia meyakinkan bahwa walaupun kasus dari Singapura mungkin masuk ke Indonesia, situasi ini tidak perlu dikhawatirkan terlalu berlebihan mengingat mayoritas penduduk Indonesia telah divaksinasi Covid-19. 

Menkes Sadikin juga menegaskan pentingnya melakukan pengawasan terhadap perkembangan situasi dan varian-varian baru virus. 

"Yang penting kalau ada demam-demam, batuk-batuk ya langsung tes saja. Tes bisa rapid test, bisa PCR. Kan sekarang sudah banyak. Dan kalau positif ya istirahat," imbuh Budi.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, serta segera melakukan tes Covid-19 jika mengalami gejala seperti demam dan batuk. 

Sebelumnya, Singapura mencatat lonjakan kasus Covid-19 pada pertengahan Mei 2024, dengan prediksi akan mencapai puncaknya pada akhir Juni 2024.

Sumber: