Prabowo Subianto: Afrika Menatap Indonesia, Saatnya Fokus pada Aksi Konkret

Prabowo Subianto: Afrika Menatap Indonesia, Saatnya Fokus pada Aksi Konkret

Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih RI Periode 2024/2029, Prabowo Subianto saat open speech dalam sebuah agenda di Singapura pada unggahan Instagramnya.--

PERSPEKTIF.CO.ID - Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto, menegaskan pentingnya pendekatan konkret dalam hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika

Dalam tulisannya yang diterbitkan oleh Newsweek berjudul "The Road Ahead for Indonesia", Prabowo menunjukkan perhatian khusus terhadap Afrika. 

Namun, ia menyatakan bahwa tidak perlu membentuk gerakan atau organisasi baru.

"Saya kira sudah banyak ya, yang penting bahwa Afrika ini sekarang melihat ke kita," ujar Prabowo di Istana Kepresidenan dikutip pada Jum'at (14/6).

Prabowo mengungkapkan bahwa ia telah bertemu dengan sejumlah pemimpin negara di Benua Afrika, yang memandang Indonesia sebagai contoh keberhasilan negara berkembang. 

Ia menyebut pertemuannya dengan Presiden Mozambik dan Presiden Rwanda, yang mengagumi langkah Indonesia dalam pembangunan dan hilirisasi.

"Afrika melihat keberanian Indonesia melakukan hilirisasi dan berharap pada Indonesia," katanya. 

Menurut Prabowo, negara-negara Afrika banyak mengundang dan meminta dukungan serta bantuan dari Indonesia.

Prabowo menekankan bahwa Indonesia lebih baik fokus pada tindakan konkret daripada membentuk organisasi baru yang tidak efektif. 

Kemudian Prabowo menyebut langkah-langkah Indonesia yang nyata dalam pertemuan puncak internasional tersebut.

"Kita harus ke arah langkah-langkah yang real. Indonesia sudah siap menerima pasien dan anak-anak korban trauma, serta tetap memberikan bantuan dengan rumah sakit dan pesawat kita," tutup Prabowo.

Sumber: