Gedung Kementerian Koordinasi IKN Nusantara Siap Digunakan Agustus 2024

Gedung Kementerian Koordinasi IKN Nusantara Siap Digunakan Agustus 2024

Kementerian PUPR mengembangkan gedung-gedung ini dengan menerapkan prinsip-prinsip bangunan hijau dan pintar.--

PERSPEKTIF.CO.ID -  Gedung untuk empat kementerian koordinasi di ibu kota baru (IKN) Nusantara akan secara bertahap dapat digunakan pada bulan Agustus 2024, menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Gedung-gedung ini akan didedikasikan untuk Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, menyatakan di Ancol, Jakarta Utara, bahwa pemerintah bertujuan untuk menyelesaikan pembangunan empat gedung tersebut pada tahun depan.

BACA JUGA:Kabar Terbaru dari IKN: Jokowi Ragu Investor Bertambah

Kementerian PUPR mengembangkan gedung-gedung ini dengan menerapkan prinsip-prinsip bangunan hijau dan pintar.

Penerapan prinsip bangunan hijau berarti bahwa kementerian ini membangun gedung-gedung dengan memperhatikan pentingnya keberlanjutan lingkungan dengan memastikan penggunaan energi dan air yang efisien, menggunakan bahan ramah lingkungan, dan mengadopsi sistem pengelolaan limbah yang efektif.

Sementara itu, prinsip bangunan pintar diterapkan untuk memastikan bahwa gedung-gedung tersebut akan sepenuhnya terhubung dengan jaringan internet yang handal dan dilengkapi dengan sistem kunci pintar.

BACA JUGA:5 Kampus PTN Sepakat Bangun Nusantara Institut Dengan Otorita IKN.

Keempat gedung yang saat ini sedang dikembangkan merupakan bagian dari infrastruktur dasar untuk pengembangan ibu kota baru.

Mengingat pentingnya gedung-gedung ini, Kementerian PUPR berupaya keras untuk menyelesaikan pembangunannya pada tahun 2024, sehingga proses relokasi ibu kota dapat segera dimulai.

Pemerintah telah menetapkan tanggal 17 Agustus 2024, sebagai hari dimulainya relokasi ibu kota ke Nusantara, yang bersamaan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79.

BACA JUGA:7 Tips Kilat untuk Turunkan Berat Badan yang Harus Kamu Coba

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, sebelumnya mencatat bahwa pada tahun 2024, pemerintah akan awalnya mentransfer 1.800 pegawai negeri sipil ke IKN.

Relokasi pusat pemerintahan dari Jakarta ke IKN Nusantara telah diatur dalam Undang-Undang No. 3 tahun 2022.

Sumber: