Benyamin Davnie Optimis MRT dan LRT Akan Hadir di Tangsel pada 2027

Benyamin Davnie Optimis MRT dan LRT Akan Hadir di Tangsel pada 2027

Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie saat menghadiri acara Nation Hub pada Jum'at 14 Juni 2024.--

PERSPEKTIF.CO.ID - Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, mengungkapkan rencana ambisius untuk membangun proyek Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). 

Dalam wawancara dengan CNBC Indonesia di acara Nation Hub, Benyamin menyatakan bahwa meskipun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tangsel cukup besar, anggaran pemerintah kota tidak cukup untuk membiayai proyek besar tersebut.

Untuk mengatasi kendala anggaran, Benyamin menjelaskan bahwa pihaknya sedang berusaha bekerja sama dengan PT MRT Jakarta (Perseroda) dan para pengembang perumahan di kawasan Tangsel. 

"Kami menggandeng PT MRT dan para pengembang di Kota Tangsel untuk membangun MRT hingga Tangerang Selatan, termasuk mendorong pembangunan LRT. Pendanaannya bukan dari APBD, melainkan investasi pihak ketiga," ungkap Benyamin pada Jum'at (14/6).

Benyamin menargetkan fisik pembangunan MRT dan LRT sudah terlihat pada tahun 2027. Meski belum memberikan detail proyek LRT, Benyamin optimis pembangunan ini akan segera dieksekusi.

Benyamin juga berharap ada dukungan dari Pemerintah Provinsi Banten untuk mempercepat realisasi proyek tersebut.

"Kami berharap ada bantuan dari Pemprov Banten terkait kebijakan yang bisa membantu kami, termasuk dukungan dari Kementerian Perhubungan. Alhamdulillah, kami sudah berkomunikasi dan mereka mendukung serta memahami keterbatasan anggaran kami," jelas Benyamin.

Adapun rencana jalur LRT Jakarta yang akan masuk ke Tangsel yaitu:

- Fase 1: LRT Lebak Bulus - Pondok Cabe

- Fase 2: LRT Cisauk - Serpong

- Fase 3: LRT Pamulang - Rawa Buntu

Sumber: