Penelitian: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-jenisnya

Penelitian: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-jenisnya

--

PERSPEKTIF.CO.ID - Penelitian memiliki hubungan yang erat dengan dunia pendidikan, karena pendidikan mengajarkan siswa untuk menguji pengetahuan yang dimilikinya dan mengaplikasikannya melalui penelitian.

Pengertian Penelitian

Mengacu pada karya "Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial" oleh Kun Maryati dan Juju Suryawati, penelitian adalah upaya untuk memperoleh fakta atau prinsip dengan mengumpulkan serta menganalisis data (informasi) secara terperinci, akurat, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam pengertian lain, penelitian diartikan sebagai langkah peneliti untuk menguji informasi yang diperolehnya dan menghasilkan pengetahuan baru. Oleh karena itu, penelitian menjadi tulang punggung dalam kemajuan ilmu pengetahuan.

Karakteristik Penelitian

Penelitian memiliki dua sifat pokok, yakni pendekatan ilmiah dan kelanjutan. Sifat pendekatan ilmiah timbul karena prosesnya yang terstruktur dan pencarian fakta secara obyektif.

Sementara itu, dalam hal kelanjutan, penelitian merupakan proses yang berlangsung terus-menerus. Hasil dari sebuah penelitian akan terus ditingkatkan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Jenis-jenis Penelitian

Karya "Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial" oleh Kun Maryati dan Juju Suryawati menguraikan terdapat 14 variasi penelitian berdasarkan tingkat analisis data, lokasi pengumpulan data, dan pendekatan yang digunakan. Berikut adalah penjelasannya:

Tingkat Analisis Data

1. Penelitian Eksploratif

Penelitian eksploratif bertujuan memperoleh informasi mendasar mengenai masalah yang jarang atau belum pernah dijelajahi.

2. Penelitian Pengembangan

Penelitian pengembangan digunakan untuk memperluas pemahaman dan eksplorasi lebih dalam terhadap suatu realitas atau permasalahan yang sudah ada.

3. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif menggambarkan ciri-ciri suatu keadaan yang sedang diteliti. Peneliti hanya melaporkan fakta tanpa menyimpulkan.

4. Penelitian Eksplanatif

Penelitian eksplanatif mengungkapkan alasan di balik terjadinya suatu peristiwa dengan menganalisis hubungan antara variabel-variabel yang diteliti.

5. Penelitian Inferensial

Penelitian inferensial tidak hanya menjelaskan peristiwa, tetapi juga menghasilkan kesimpulan umum dari masalah yang sedang dianalisis.

6. Penelitian Prediktif

Penelitian prediktif meramalkan dan menjelaskan kemungkinan terjadinya peristiwa di masa depan.

Sumber:

Berita Terkait