Pentingnya Pemilihan Makanan untuk Penderita Diabetes

Pentingnya Pemilihan Makanan untuk Penderita Diabetes

--

PERSPEKTIF.CO.ID - Penderita diabetes sering menghadapi pembatasan dalam pemilihan makanan untuk menjaga kadar gula darah. Kesalahan dalam memilih makanan dapat menyebabkan lonjakan atau penurunan tajam dalam gula darah. Menurut situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), diabetes bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia, dan faktor keturunan juga dapat menjadi penyebabnya.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali, penderita diabetes perlu memilih makanan yang kaya serat, protein, dan lemak sehat. Beberapa jenis makanan yang sehat bagi penderita diabetes antara lain:

1. Telur rebus

2. Apel

3. Alpukat

4. Kacang almond

5. Kacang kedelai (edamame)

6. Yoghurt rendah lemak.

Penting untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, baik mandiri atau melalui fasilitas kesehatan, untuk mencegah keterlambatan dalam penanganan. Pemeriksaan dini ini memainkan peran penting dalam mendeteksi diabetes sejak awal dan memungkinkan penanganan yang lebih efektif.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, menggambarkan diabetes sebagai fenomena gunung es di mana jumlah orang yang menderita diabetes namun belum menyadarinya jauh lebih banyak daripada mereka yang sudah mendapatkan diagnosis dan penanganan. Oleh karena itu, kesadaran akan diabetes dan pemeriksaan gula darah secara rutin sangatlah penting untuk mencegah dampak yang lebih serius dari penyakit ini.

Sumber: