Ulasan Ponsel Huawei Mate 60 Series: Keunggulan, Spesifikasi, dan Eksklusivitasnya

Ulasan Ponsel Huawei Mate 60 Series: Keunggulan, Spesifikasi, dan Eksklusivitasnya

Huawei Mate 60 Series--

PERSPEKTIF.CO.ID - Pemerintah Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengalami kekhawatiran karena Huawei, perusahaan asal China, meluncurkan seri ponsel andalannya terbaru, Mate 60 series.

Chipset Kirin 9000S yang digunakan dalam Mate 60 series diduga menggunakan teknologi dari AS. Huawei dan mitranya yang memproduksi chipset ini, yaitu Semiconductor Manufacturing International Corporation (SMIC), saat ini berada dalam daftar hitam (entity list) pemerintah AS sejak tahun 2019.

Muncul kekhawatiran bahwa Huawei dan SMIC telah melanggar aturan Departemen Perdagangan AS terkait penggunaan teknologi manufaktur chip. Meskipun demikian, Huawei Mate 60 series telah resmi dijual di negara asalnya, China. Huawei Mate 60 reguler dan Mate 60 Pro sudah tersedia di pasar. Sementara model tertinggi, yaitu Mate 60 Pro Plus, akan mulai dijual pada bulan Oktober meskipun sudah dapat dipesan. Kompas.com melakukan uji coba ponsel tersebut di salah satu gerai offline Huawei di Shenzhen, China.

Ketika pertama kali memegang Mate 60 Pro Plus, kesan pertama adalah kenyamanan saat digenggam. Keempat sisi Mate 60 Pro Plus memiliki bentuk membulat, mengingatkan pada saat memegang iPhone 6. Meskipun ukurannya cukup besar, yaitu 163,7 x 79 x 8,1 mm dengan layar berukuran 6,8 inci, ponsel ini tetap nyaman digenggam dan tidak licin di tangan.

Di bagian depan, terdapat tiga lubang pada layar. Sedangkan pada bagian punggung, terdapat tiga kamera belakang dan satu LED flash yang ditempatkan dalam modul lingkaran. Modul ini memiliki ukuran cukup besar dan memakan sekitar 1/3 dari bodi ponsel. Kamera belakang termasuk kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 40 MP, dan periskop 48 MP. Bagian punggung Mate 60 Pro Plus terbagi menjadi dua bagian, dengan 2/3 bagian atas dilapisi dengan bahan mirip kulit sintetis memberikan kesan mewah. Bagian bawah terbuat dari bahan polikarbonat. Lapisan seperti kulit ini membuat Mate 60 Pro Plus lebih nyaman dipegang dan tahan terhadap noda sidik jari.

Sisi kanan ponsel memiliki tombol volume dan tombol power, sedangkan di bagian atas terdapat dua speaker dan mikrofon. Di bagian kiri tidak terdapat tombol apapun, sementara di bagian bawah terdapat speaker, port USB C, dan laci kartu SIM.

Sumber: