Pemerintah Kota Tangerang Selatan Gelar Deklarasi Komitmen PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Pemerintah Kota Tangerang Selatan Gelar Deklarasi Komitmen PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Proses penandatanganan berkas dalam acara Deklarasi PPDB oleh Walikota Tangerang Selatan pada Senin, 10 Juni 2024.--

PERSPEKTIF.CO.ID - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) mengadakan deklarasi Komitmen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025 di Puspemkot Tangsel. 

Acara ini melibatkan seluruh pihak terkait, termasuk aparat penegak hukum, untuk memastikan proses PPDB berjalan dengan transparan dan adil.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, menegaskan bahwa deklarasi ini menunjukkan keseriusan Pemkot dalam menjaga integritas proses PPDB. 

"Dengan komitmen ini, kita memastikan semua proses PPDB berjalan transparan, jujur, dan berkeadilan," kata Benyamin, Selasa (11/6).

Ia juga menegaskan bahwa setiap bentuk penyalahgunaan atau kecurangan dalam proses ini tidak akan ditoleransi, dengan ancaman hukuman pidana bagi yang terlibat.

Sebagai langkah tambahan, Pemkot Tangsel juga berkolaborasi dengan sekolah swasta untuk mendampingi sekolah negeri, memastikan biaya operasional ditanggung oleh pemerintah agar menghindari pungutan liar. 

"Tidak perlu khawatir. Saat pendaftaran SMP negeri, akan ada sekolah pendamping swasta dengan biaya operasional yang kami tanggung," jelas Benyamin.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Deden Deni, menyatakan bahwa seluruh proses PPDB tahun ini akan dilakukan secara online untuk menghindari gratifikasi. 

"Ini sebagai bentuk pencegahan terhadap pertemuan langsung dengan panitia dan menghindari gratifikasi," jelasnya. 

Deden juga menambahkan bahwa pendaftaran PPDB dapat diakses melalui laman resmi ppdbsmpntangerangselatankota.go.id.

Deden mengimbau para orang tua yang kesulitan dalam proses pendaftaran untuk berkonsultasi langsung dengan Dindikbud Kota Tangsel dan menghindari jasa percaloan. 

"Kami membuka posko untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan operasional aplikasi PPDB," pungkasnya.

Sumber: