Bocah Kecelakaan Naik Sepeda Listrik. Pemkot Larang Penggunaannya di Bandung.

Bocah Kecelakaan Naik Sepeda Listrik. Pemkot Larang Penggunaannya di Bandung.

poto wawancara pemkot bandung tentang llarangan sepeda listrik --

PERSPEKTIF.CO.ID - Penggunaan sepeda listrik telah menyebabkan insiden fatal di Kota Bandung, Jawa Barat, karena sepeda listrik digunakan di jalan raya. Kejadian ini telah menarik perhatian banyak orang. Berdasarkan informasi yang diterima, seorang anak berusia 12 tahun tewas dalam sebuah kecelakaan saat ia dan temannya menaiki sepeda listrik di Jalan Ir H Djuanda. Peristiwa tragis ini melibatkan tabrakan dengan truk sampah dan terjadi pada Sabtu (5/8) yang lalu.

 

Hal ini telah menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak, termasuk dari Pakar Transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu R Sony Sulaksono Wibowo. Sony mengungkapkan keprihatinannya terhadap insiden ini dalam sebuah wawancara telepon pada Selasa (8/8/2023).

 

Sony menjelaskan bahwa sepeda listrik pada dasarnya adalah jenis sepeda, bukan kendaraan bermotor seperti yang umumnya kita ketahui. Penggunaannya seharusnya berbeda dengan kendaraan bermotor konvensional seperti sepeda motor. Sony juga menekankan bahwa penggunaan sepeda listrik oleh anak di bawah umur harus diawasi oleh orangtua.

 

Sony menambahkan bahwa sepeda listrik tidak seharusnya digunakan di jalan raya. Penggunaannya hanya diperbolehkan di tempat-tempat tertentu seperti kampus, pusat perbelanjaan, atau dalam lingkungan perumahan, tetapi dengan pengawasan dan bimbingan dari orangtua.

 

Sony juga mengkritik insiden kecelakaan di Jalan Ir H Djuanda yang menewaskan seorang anak yang mengendarai sepeda listrik. Ia menekankan bahwa ini adalah tindakan yang tidak bijaksana dari orangtua yang memberikan sepeda listrik kepada anak di bawah umur tanpa pengawasan yang memadai.

 

Tentang tindakan yang harus diambil oleh pihak berwenang seperti polisi dan Dinas Perhubungan (Dishub), Sony berpendapat bahwa tanggung jawab utamanya seharusnya ada pada orangtua. Meskipun polisi dan Dishub bisa memberikan imbauan, mereka tidak mungkin bisa mengawasi setiap jalan. Oleh karena itu, peran penting dari orangtua dalam mengawasi dan mendampingi anak-anak saat menggunakan sepeda listrik sangatlah krusial, terutama karena sepeda listrik memiliki risiko yang signifikan.

 

Keamanan anak-anak dalam menggunakan sepeda listrik di jalan raya harus menjadi prioritas utama, dan hal ini seharusnya dimulai dengan edukasi dan pengawasan yang cermat dari orangtua.

Sumber: