Jatuhnya Helikopter Jenis Bell 212 yang Ditumpangi Presiden Iran

Jatuhnya Helikopter Jenis Bell 212 yang Ditumpangi Presiden Iran

Helikopter yang ditumpangi Presiden dan Menlu Iran--

PERSPEKTIF.CO.ID - Presiden Iran, Ebrahim Raisi serta menteri luar negerinya, Hossein Amirabdollahian akan melakukan agenda peresmian Bendungan Qiz-Qalasi yang merupakan proyek bersama dengan pemerintah Azerbaijan.

 

Namun naas dalam perjalanannya tersebut, helikopter yang ditumpangi presiden Iran jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran pada Minggu waktu setempat.

 

Kepala staf tentara Iran telah memerintahkan menurunkan sumber daya tentara untuk melakukan pencarian. Pasukan elit Garda Revolusi Iran (IRGC) juga terjun untuk operasi penyelamatan.

 

"Hari sudah gelap dan hujan mulai turun, namun pencarian terus dilakukan. Tim penyelamat telah mencapai lokasi tersebut... namun, hujan telah menimbulkan lumpur, sehingga menyulitkan pencarian," kata seorang reporter lokal di TV pemerintah pada Senin (20/05).

 

Helikopter yang ditumpangi Raisim diketahui berjenis Bell 212 buatan Amerika Serikat (AS).

 

Hingga saat ini pencarian masih terus dilakukan namun belum ada kepastian soal selamat atau tidaknya sang Presiden.

 

Sementara itu, mengutip AFP ketakutan dan kekhawatiran membebani Iran karena hal tersebut. Ribuan umat Muslim berdoa agar ia kembali dengan selamat di masjid-masjid di seluruh negeri, termasuk di kampung halaman Raisi kota suci Mashhad.

Sumber: