Jokowi Pilih 'Alien', Sapi Kurban Seberat 1,25 Ton untuk Idul Adha 2024

Jokowi Pilih 'Alien', Sapi Kurban Seberat 1,25 Ton untuk Idul Adha 2024

Foto Alien, Sapi Raksasa yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk Korban pada Idul Adha tahun 2024.--

PERSPEKTIF.CO.ID - Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi kurban seberat 1,25 ton ke Masjid Raya Baiturrahman, Semarang. Penyerahan sapi kurban jenis simental tersebut dilakukan usai salat dan diterima oleh Ketua Yayasan Masjid Raya Baiturrahman Semarang, KH Ahmad Daroji. 

Sapi tersebut akan disembelih pada Selasa, 18 Juni 2024, di Islamic Center Kota Semarang dan dagingnya akan didistribusikan kepada 10.000 warga yang berhak melalui sistem kupon.

“Ada amanah kepada kami dari Presiden, sapi untuk disembelih dan dibagikan. Ini pengalaman pertama menyembelih sapi yang besar,” kata Ahmad Darodji, dikutip pada Senin (17/6).

Diketahui, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dikenal rutin memilih sapi berkualitas tinggi untuk kurban Idul Adha

Pada tahun ini, sapi pilihannya diberi nama 'Alien'. Sapi berbobot 1,25 Ton ini berasal dari peternak di Subang, Jawa Barat, dan terpilih setelah melalui seleksi ketat oleh tim kesehatan setempat. 

Sebagai informasi pada tahun-tahun sebelumnya, Jokowi juga memilih sapi dengan nama unik lainnya untuk kurban, yaitu sebagai berikut:

1. Sapi Alien

Alien, nama seekor sapi berbobot 1 Ton 80 Kilogram, resmi dipilih menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo untuk Lebaran Idul Adha tahun 2024. Sapi itu dimiliki oleh peternak dari Kelompok Cinta Peternak Farm, yang berada di Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

2. Sapi Mrebes Mili

Sapi kurban Presiden Jokowi yang ada di Masjid Al-Akbar Surabaya diberi nama Mbrebes Mili. 

Mbrebes Mili, menurut peternak sapi arti nama ini karena saking bahagianya sapinya dibeli oleh Presiden Jokowi. Sapi ini berasal dari Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, sapi tersebut berusia 5 tahun dengan berat 1 ton, tinggi 156 centimeter dan berwarna putih berjenis peranakan ongole.

3. Sapi Sultan

Pada 2022 lalu, Jokowi membeli seekor sapi untuk kurban Idul Adha dari peternak di Cilegon, Banten. Sapi dengan bobot 1,1 ton itu dibeli Jokowi seharga Rp 112 juta. Sapi jenis Ongole ini merupakan sapi asal Kebumen, Jawa Tengah, saat pertama kali didatangkan ke Cilegon.

4. Sapi Inayah

Sumber: