Partai Demokrat Diperkirakan Akan Bergabung dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Partai Demokrat Diperkirakan Akan Bergabung dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Foto: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto--

PERSPEKTIF.CO.ID - Ketua Dewan Pakar PAN, Dradjad Wibowo, mengungkapkan dugaannya mengenai kemungkinan Partai Demokrat akan bergabung dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Pernyataan ini muncul dalam konteks desas-desus mengenai reshuffle atau perombakan kabinet yang tengah menjadi sorotan.

 

Menurut Dradjad, saat ini belum ada informasi pasti mengenai apakah Presiden Jokowi akan melakukan perombakan kabinet dalam waktu dekat. Namun, ia berasumsi bahwa jika Demokrat bergabung dalam pemerintahan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai menteri, hal ini akan berdampak positif secara politik.

 

"Kami belum mendengar apakah Presiden Jokowi akan segera melakukan reshuffle. Namun, jika Partai Demokrat bergabung dalam koalisi pemerintahan dan AHY menjadi menteri, ini adalah perkembangan politik yang sangat menarik," ujar Dradjad kepada wartawan pada Selasa (3/10).

 

Dradjad juga melihat kemungkinan keikutsertaan Partai Demokrat dalam kabinet sebagai sebuah dinamika penting dalam hubungan politik Presiden Jokowi dengan dua mantan presiden, yakni Ibu Presiden Megawati dan Bapak Presiden SBY. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa proses ini memerlukan pertimbangan yang matang dan waktu yang cukup.

BACA JUGA:Chika JKT48 Resmi Lulus dari JKT48: Mengejar Mimpi Lebih Tinggi

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, awalnya membahas upaya konsolidasi partai politik menjelang Pemilu 2024. Menurutnya, kerja sama antara partai-partai politik pendukung Presiden Jokowi dalam mengusung calon presiden dan calon wakil presiden untuk pemilu tahun depan telah berjalan dengan baik.

 

"Partai-partai politik saat ini telah mengambil langkah-langkah konsolidasi yang diperlukan. Yang penting adalah kerja sama dalam pengusungan calon presiden dan calon wakil presiden. Begitu juga dengan pemerintahan Presiden Jokowi dalam upaya meningkatkan efektivitasnya menuju pencapaian yang tertinggi," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada Selasa (3/10).

 

Hasto juga menekankan bahwa koalisi partai politik yang telah mendukung Presiden Jokowi selama ini telah berjalan dengan baik, dan mereka akan tetap memberikan dukungan kepada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam hal yang buruk.

 

Sumber: