ABI Minta Pemerintah Indonesia Desak Myanmar dan Israel Hentikan Genosida

ABI Minta Pemerintah Indonesia Desak Myanmar dan Israel Hentikan Genosida

Wakil Ketua Umum ABI, Ahmad Hidayat, bersama Ketua Bidang Humas ABI Dede Azwar saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu 20 Desember 2023.--

PERSPEKTIF.CO.ID - Ormas keagamaan Ahlul Bait Indonesia (ABI) meminta kepada Pemerintah Indonesia agar bertindak mengintervensi Pemerintah Junta Militer Myanmar dan Israel untuk menghentikan genosida dan kejahatan kemanusiaan.

 

Wakil Ketua Umum ABI, Ahmad Hidayat, mengungkapkan bahwa sebagai anggota komunitas dunia seperti Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan ASEAN, Pemerintah Indonesia memiliki kewajiban untuk melakukan hal itu.

 

“Semestinya Pemerintah Indonesia sebagai Anggota PBB dan ASEAN perlu proaktif mendorong Pemerintah Junta Militer Myanmar agar tidak melakukan upaya Genosida terhadap rakyat muslim Myanmar,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor ABI, Jakarta Selatan, Rabu 20 Desember 2023.

 

Ahmad Hidayat menuturkan, jika memang memungkinkan, Pemerintah Indonesia bisa melakukan embargo terhadap Myanmar.

 

“Jika mungkin, Indonesia bisa mengembargo Myanmar karena telah melakukan Genosida. Harusnya negara-negara di Asean melakukan itu kepada Myanmar,” ujarnya.

 

Sementara terkait para pengungsi Rohingya yang sudah berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Hidayat mengatakan, Pemerintah Indonesia juga memiliki kewajiban untuk menerima dan melayani mereka sebagaimana hasil konvensi internasional terkait penanganan pengungsi.

 

“Pada tingkat tertentu memang Indonesia memiliki kesulitan untuk menampung pengungsi Rohingya dari Myanmar,” katanya.

 

Sumber:

Berita Terkait