Kubu 03 Ganjar Mahfud Bentuk Tim Usut Dugaan Kecurangan pada Pilpres 2024

Kubu 03 Ganjar Mahfud Bentuk Tim Usut Dugaan Kecurangan pada Pilpres 2024

--

PERSPEKTIF.CO.ID - Partai politik yang mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, telah sepakat untuk membentuk Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) guna menyelidiki dugaan kecurangan yang terjadi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Tim ini akan dipimpin oleh dua advokat senior, Todung Mulya Lubis sebagai ketua dan Henry Yosodiningrat sebagai wakil ketua.

"Terdapat pembentukan tim khusus yang telah disetujui dan mulai beroperasi di bawah arahan para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik yang mendukung," ujar Todung pada hari Senin (19/2/2024), seperti yang dikutip dari pernyataan pers.

Todung menjelaskan bahwa tim ini akan menghadapi dugaan kecurangan yang sistematis, terstruktur, dan masif (TSM) melalui pendekatan hukum dan politik. Hal ini dilakukan untuk menjaga integritas demokrasi yang berdasarkan kedaulatan rakyat, sehingga persaingan politik tidak melanggar prinsip-prinsip moral.

"Jika kita tidak mengambil langkah-langkah ini, maka kepercayaan terhadap proses demokrasi di Indonesia akan tergerus," tambah Todung.

Mantan duta besar Republik Indonesia untuk Islandia dan Norwegia ini mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengungkap berbagai dugaan kecurangan yang terjadi selama Pilpres 2024.

"Kami mengundang partisipasi dari semua warga negara yang ingin membantu dalam mengungkap dugaan pelanggaran yang terjadi selama Pilpres 2024 ini, serta memulihkan demokrasi Indonesia dan supremasi hukum," pungkas Todung.

Sumber: segala sumber